Selasa, 04 Januari 2011

PERCOBAAN OERSTED

PERCOBAAN OERSTED


Oersted menentukan adanya medan magnet di sekitar kawat yang berarus listrik. Di sekitar arus listrik ada medan magnet, atau perpindahan muatan listrik menimbulkan medan magnet sehingga dapat mempengaruhi kedudukan magnet jarum, yang disertai dengan arah garis-garis medan magnet sesuai dengan kaidah tangan atau aturan sekrup putar kanan.
Kaidah tangan kanan : Arah ibu jari menunjukkan arah arus listrik dan arah lipatan jari-jari menunjukkan arah putaran garis-garis medan magnetnya. Arus listrik magnet-magnet kecil akan terletak pada garis-garis lingkaran, sehingga kutub utara searah garis gaya dan kutub selatan berlawanan. Banyaknya garis gaya magnet disebut fluks magnet.
Lambang : Ö
Satuan : weber (Wb)
Rapat garis gaya magnet (rapat fluks magnet) adalah banyaknya garis gaya magnet yang menembus tegak lurus seluas 1 m2 dilambangkan : B, satuan : weber/m2. Rapat fluks magnet di suatu titik dalam medan magnet disebut induksi magnet. Di udara, induksi magnetik B di suatu titik sama dengan kuatmedan magnet H di titik itu. Tetapi di dalam suatu zat, induksi magnetik B dan kuat medan magnet H harus dibedakan tergantung pada permeabilitas sesuatu zat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar